Minggu, 28 Maret 2010

Inilah Masa Depan koran Dengan Sentuhan Teknologi Terbaru

Koran memberikan banyak manfaat kepada kita. Sebagai sumber informasi, sumber bahan bacaan, bahkan referensi untuk kita. Koran juga dapat menjadi Media komunikasi massa yang cukup efektif untuk mempromosikan suatu produk. Karena sebab itulah dalam bahasa inggris benda ini disebut sebagai newspaper. Yup, kertas berita. atau surat kabar.

Sadar atau tidak, ada beberapa disadvantage yang kita peroleh dari koran. Bagi bumi tercinta, koran berperan besar menghabiskan stok hutan karena pemakaian kertas besar-besaran untuk mencetaknya. Setiap hari, jutaan exsemplar koran digandakan diseluruh dunia. Tentunya, jutaan kilo kertas pula yang dipakai untuk membuatnya. Dari sisi pengguna pemakaian kertas ini juga akan menambah biaya yang harus dikeluarkan untuk membaca informasi pada koran. Tentunya pengguna koran (pembaca) akan direpotkan juga dengan limbah koran yang menggunung setiap bulannya.

Nah, dari beberapa kesulitan tadi, muncullah ide untuk membuat koran tanpa kertas. Paperless newspapers. Agak Lucu juga konsepnya, Masa kertas berita tanpa kertas. Sekali lagi saya tekankan bahwa teknologi ini masih sebatas konsep, belum direalisasikan.

Konsep ini diintegrasikan dengan jam dinding digital. Update berita dilakukan melalui jaringan internet dengan perantara Wifi yang tertanam pada konsep ini. Pada malam hari, anda bisa meletakkan “koran” ini diatas receiver dan pada malam hari content yang telah terdownload akan “dicetak” ke bagian “koran”nya.









Koran ini sendiri sejatinya adalah sebuah display dengan ukuran tertentu (lihat gambar). Yang entah terbuat dari apa (saran:e-paper). Memiliki sifat fleksibel dan transparan saat tidak menampilkan berita. Koran ini juga dilenglapi dengan tombol untuk membaca halaman selanjutnya atau sebelumnya.

Lihat video ini agar anda lebih mudah memahami apa yang saya maksudkan,



Kelebihan dari Teknologi Paperless Newspaper

Dapat mengupdate berita secara cepat karena dilengkapi fitur Wifi dan memudahkan pengguna melihat brita terbaru.
Lebih simple dari Koran yang ada sekarang, karena hanya terdiri darisebuah layar tipis dan sebuah tombol untuk navigasi.
Paperless newspaper ini tersambung dengan sebuah jam alarm dimana apabila alarm itu berbunyi secara otomatis berita yang update pada pukul yang di set pada alarm akan mucul secara otomatis.


Kekurangan dari Teknologi Paperless Newspaper

Tidak bisa dibawa kemana-mana karena teknologi ini menempel pada sebuah jam alarm dan jam alarm itu menempel di sudut ruangan.
Teknologi ini masih sebuah konsep dan belum terealisasikan.

Tiga perubahan komunikasi setelah ditemukannya Paperless Newspaper
Technology

●Dari segi interactivity
Yakni antara manusia dengan alat. Sebagai contoh ketika pengguna ingin mengupdate berita secara langsung peperless newspaper akan mengupdate berita, karena Peperless Newspaper (Koran tanpa kertas) ini di lengkapi dengan fitur WiFi, jadi akan memudahkan pengguna untuj mengupdate berita.

●Dari segi Demassified

Tingkat kenyamanan dan kebutuhan informasi yang sangat besar akan membuat ketergantungan terhadap informasi kian tinggi. Si pengguna manginginkan berita yang update setiap saat dan pastinya pengguna bisa memilih berita apa saja yang pengguna ingin baca dan ketahui.

●Dari segi Asynchronous
Yang dimaksud disini adalah unsur keserempakan yang tidak berlaku lagi dalm era interaktif, dimana pengguna dapat mencari sebuaha informasi secara individual. Sebagai contoh apabila seorang pengguna paperless newspaper ingin mencari berita yang dia inginkan maka pengguna dapat mencarinya sendiri tanpa bantuan orang lain dan apabila penggun menginginkan berita yang paling update maka paperless newspaper ini akan mengupdate berita secara otomatis karena teknologi ini telah dilengkapi fitur WiFi. Kalau keserempakan tidak berlaku lagi di era interaktif maksudnya setiap orang mempunyai kebutuhan informasi yang berbeda jadi setiap orang tidak mungkin akan membuka berita yang sama sebab berita yang mereka butuhkan berbeda.

12 komentar:

Jurnal Kita mengatakan...

semoga bermanfaat...

Reza mengatakan...

ini baru rancangan apa dah di implementasiin dit?

Jurnal Kita mengatakan...

baru konsep za...
blum terealisasikan...

Adrio Kusmareza mengatakan...

Mereka gak kepikiran buat ngasih Koneksi seacam 3G-nya gitu agar tidak tergantung dengan Wi-Fi yang terbatas.

Siap-siap untuk banyak pengangguran dan pohon yang terselamatkan.
Haha.

Komentar baliknya di tunggu di http://giornalismo-online.blogspot.com/
Trims guys.

Unknown mengatakan...

kereeennnn !!
kalo korann ini cepet di relaisasikan ..
pastii akan banyak yang lebih seneng membaca koran . karena fitur fiturnya dah lengkap .
selain itu pastii bisa menyelamatkan bumi dari limbah kertas.
nice info :)

Dery Adhitya Putra mengatakan...

keren nih, kalo amazon kindler kan gantinya buku, kalo ini buat gantiin koran. sistem update beritanya canggih bener hahaha. ini semua surat kabar bisa dibaca disini apa surat kabar tertentu aja?

my life my story mengatakan...

jadi ngga ribet deh kalo mau baca koran.
makin rajin juga nih kalo emang koran semacam ini cepet2 direalisasikan soalnya fiturnya menarik dan lengkapn siih.hehehhe

Red Zone Store mengatakan...

lebih efisien. konsep yang bagus. ga buang2 kertas.

M[oney] V[ictory] D[edication] mengatakan...

ga ngerti

territoryofmadness.blogspot.com mengatakan...

wuihhh sadis ne dit...tapi ada efeknya gak terhadap lingkungan bumi??

Jurnal Kita mengatakan...

klo di liat dari konsepnya g ada cuy...
soalnya ini full teknologi...dan g ada yg menggunakan bhn dari alam..

Anonim mengatakan...

ada ada aja org" pinter jaman sekarang
heu
two tumb up bwt konsep sm ide"nya
kali aja terealisasi!

Posting Komentar